adsteraa

Cara Berbisnis Menggunakan Facebook Ads

Cara Berbisnis Dengan Mengunakan Facebook Ads
Anda, para pebisnis, ada satu cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk/jasa Anda dengan hasil efektif. Anda bisa memanfaatkan jasa iklan yang ditawarkan oleh Facebook bernama Facebook Ads. Ketahui cara buat iklan di Facebook lewat artikel ini!
Mengapa Facebook Ads? YangutSebenarnya caranya cukup mudah, simak artikel berikut ini untuk mengetahui apa itu Facebook Ads, apa saja manfaat Facebook Ads dan bagaimana cara menggunakan Facebook Ads!

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah bisnis iklan buatan Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktivitas online pengguna yang lainnya di luar Facebook.

Manfaat Facebook Ads

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bagi bisnis Anda, bila Anda memasang iklan melalui Facebook Ads!
  • Penargetan yang Efektif

Baca Juga

Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar Anda bisa menayangkan iklan kepada target audience yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan audience yang mirip, dan masih banyak lagi detail yang lainnya).
Facebook ini bisa memudahkan Anda dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan. Mengapa mudah dipakai? Karena sudah dibuat untuk memandu Anda menyiapkan kampanye iklan Anda. Dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger baik pada layar ponsel maupun desktop. Anda tinggal megatur preferensi Anda sendiri sesuai dengan kepentingan bisnis Anda.
Anda juga dapat memasukkan piksel tracking ke dalam page di website Anda agar Anda bisa menargetkan pelanggan ideal Anda dengan produk apa saja yang paling mereka minati.
  • Jangkauan Target yang Luas
Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka, lihat saja sekitar Anda. Dengan hadirnya Facebook Ads ini, Anda mendapatkan akses ke audience seluler Anda dan pesan iklan yang Anda pasang pasti sampai di layar mereka.
Bicara soal Facebook sendiri, penggunanya kini sudah mencapai lebih dari 1,74 miliar. Hampir seluruh penggunanya mengakses aplikasi seluler mereka di smartphone setiap hari, dan angka penggunaannya terus berkembang. Jadi, Facebook Ads layak dicoba.
  • Analisa Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya
Facebook juga tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi tingkat konversi Anda dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads Anda bisa mengatur perencanaan iklan Anda dengan jelas di depan Anda dengan langkah yang lebih mudah dimengerti.
Saat mengelola halaman Facebook, Anda bisa mengakses data ini lewat tab “wawasan” di mana pihak Facebook akan memberi Anda metrik seperti jangkauan mingguan, page yang disukai, keterlibatan pos, pos yang berkinerja terbaik – dan Anda juga bisa mengukur page Anda dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan Anda.
Visibilitas data ini benar-benar dapat membantu Anda dalam menyesuaikan kampanye iklan Anda sesuai dengan kebutuhan, dibandingkan hanya mencari tahu apakah itu efektif ataukah tidak setelah muncul beberapa fakta.
  • Meningkatkan Brand Awareness
Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar Anda bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah Anda pasang.
Bahkan jika target pasar Anda itu tidak mengklik di awal, jika iklan Anda terlihat secara lanjutan, iklan Anda bisa berpotensi membantu Anda dalam membangun kepercayaan. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, Anda juga bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.
  • Meningkatkan CTR (Click Through Rate)
Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga meningkat terus. Mengapa? Karena Facebook meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat. Dan sekarang, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, Anda bisa menghubungi audience yang tepat yang ingin Anda jangkau. Selain itu, audience itu dapat memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelanggan Anda.

Apa yang Perlu disiapkan Sebelum Buat Facebook Ads?

Screen-Shot-2018-03-26-at-15.11.30
  • Tujuan Bisnis Anda

Baca Juga

Apa tujuan dari bisnis Anda, rinci lebih dalam dan ini bisa jadi bahan Anda dalam melakukan penargetan iklan atau pembuatan kampanye yang tepat bagi jenis bisnis Anda. Anda juga bisa mencari inspirasi dari page inspirasi sukses Facebook Ads yang telah tersedia.
  • Pemahaman Tentang Target Pasar Bisnis Anda
Seperti apa target khalayak atau pasar Anda? Anda tentunya harus bisa menjawabnya. Anda bisa membaginya berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau bahkan kelas ekonomi. Anda tentunya telah memiliki bayangan pasar khusus (biasa disebut niche market) pada saat Anda baru memulai mengembangkan bisnis Anda. Hal ini tentunya bisa memudahkan Anda dalam menargetkan sebuah kampanye.
  • Anggaran untuk Target Promosi Iklan Anda
Tentunya, Anda pun perlu menganggarkan berapa yang ingin dan bisa Anda keluarkan untuk melakukan kampanye dengan Facebook Ads ini. Anda dapat menghitungnya secara gambaran besar saja terlebih dahulu dan seiring berjalannya kampanye Anda bisa mengatur ulangnya lagi agar lebih spesifik sesuai pengalaman kampanye yang telah dijalankan dalam kurun waktu tertentu sebelumnya.
  • Media Foto/Video Sebagai Konten Iklan Anda
Terakhir tetapi sebenarnya juga penting adalah Anda perlu siapkan media apa yang ingin jadi pendukung konten iklan Anda. Jika Anda menggunakan gambar, Anda perlu memerhatikan beberapa aturan atau batasan yang sudah ditentukan Facebook Ads.

Cara Membuat Facebook Ads

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan bila Anda ingin memasang iklan lewat Facebook Ads!
  • Login ke Facebook Ads
Pertama Anda perlu login terlebih dahulu ke akun Facebook Anda. Setelah berhasil login, Anda bisa menuju ke menu sebelah kanan di atas profile Facebook yang Anda miliki. Kemudian pilih navigasi yang letaknya di halaman tersebut pada bagian pojok kanan paling atas. Setelah itu coba klik kata “Buat Iklan”. Nanti Anda akan langsung menuju ke page Facebook Ads Manager.
Kalau Anda sudah masuk ke page yang kami sebutkan di atas, Anda nantinya bakal ditawarkan oleh Facebook Ads beberapa pilihan. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikan alamat URL apa saja baik yang berada pada Facebook yang Anda kelola atau juga yang berada dari luar page Facebook.
  • Melakukan Pengaturan Akun Facebook Ads
Untuk melakukan pengaturan akun Facebook Ads, pertama kali Anda coba masuk dan tinjau ke pengaturan Facebook Ads secara keseluruhan mulai dari atas hingga bawah. Buatlah nama akun yang Anda inginkan. Kemudian, coba isi formulir data-data yang tersedia secara lengkap.
  • Mengatur Tagihan Facebook Ads
Setelah Anda beranjak dari pengaturan akun Facebook Ads, maka selanjutnya Anda perlu masuk ke menu “Tagihan Facebook Ads”. Anda dapat melakukan metode pembayaran yang Anda inginkan lewat apa saja yang tersedia, misalnya melalui kartu kredit. Kemudian, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah selanjutnya dalam melakukan proses pembayaran.
  • Melakukan Promosi Facebook Page dengan Facebook Ads
Untuk promosi, coba atur page Facebook Anda yang ingin ditayangkan lewat Facebook Ads. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengklik tombol Halaman pada pengaturan Facebook Ads. Lalu, setelah Anda sudah masuk halaman facebook yang Anda kelola, coba klik tombol “Promosikan”. Kemudian klik “Promosikan Halaman Anda”. Berikutnya, mudah sekali, Anda tinggal ikuti langkah selanjutnya yang diberikan oleh Facebook Ads.
Di sini Anda juga bisa mengatur jumlah biaya yang ingin dikeluarkan bagi kampanye Anda. Setelah Anda atur, barulah klik tombol promosikan yang ada pada bilah kanan bagian bawah yang berwarna biru.

Simpulan

Dengan membaca artikel ini, Anda telah mendapat info penting soal apa itu Facebook Ads sendiri, seperti apa manfaatnya bagi bisnis Anda dan bagaimana cara untuk memasang iklannya. Anda bisa mengetahui lebih lanjut soal Facebook Ads pada menu Beriklan di Facebook yang terdapat di pojok kanan atas akun Facebook Anda. Sebagai provider hosting murah dan vps murah terbaik, khususnya cloud hosting indonesia yang telah bersertifikat kualitas internasional , artikel-artikel dalam blog kami ini adalah bentuk komitmen kami untuk mensukseskan Anda secara online. Selamat mengembangkan bisnis Anda dan semoga berhasil ya!

Belum ada Komentar untuk "Cara Berbisnis Menggunakan Facebook Ads"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel