adsteraa

Komponen Komponen PC Beserta Dengan Fungsinya

Komponen Komponen PC Beserta Dengan Fungsinya

    Nah kali ini saya akan jelaskan beberapa perangkat keras yang umumnya di gunakan untuk merakit komputer (PC) dan fungsinya. Jadi anda harus simak baik-baik biar mengerti. okey..

1. Prosessor
    Prosessor adalah otak komputer, prosessor secara konseptual terdiri dari 3 bagian sebagai berikut.
a).Arithmatics Logical Unit(ALU) adalah bagian yang berperan sebagai pusat dari semua perhitungan matematis yang harus dilakukan untuk menjalankan sebuah sistem komputer.
b).Control Unit(CU) adalah bagian yang berfungsi menjadi pengatur lalu lintas data maupun perhitungan. Unit ini memungkinkan kalkulasi maupun eksekusi program dapat dilakukan secara berurutan tanpa tumpang tindih.
c)Memory Unit(MU) berfungsi untuk menyimpan sementara fungsi-fungsi yang di eksekusi oleh prosessor sehingga prosessor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama kebagian lain. MU berguna untuk mempersingkat proses yang dilakukan oleh prosessor. Pada prosessor, MU pada umumnya sudah dimasukan kedaam prosessornya dan diberi nama Cache Memory, semakin besar Cache memory yang ada, akan semakin cepat proses yang dilakukan oleh prosessor.

  Prosessor yang beredar di pasaran saat ini paling banyak berasal dari produsen Intel dan AMD. Prosessor intel untuk segmen komputer desktop yang banyak beredar saat ini adalah seri Celeron, Dual Core, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extreme, Core i3, Core i5, Core i7. Untuk segmen komputer server intel terkenal dengan seri Xeon dan untuk segmen notebook intel mengeluarkan seri Centrino. Baru baru ini, intel mengeluarkan seri Atom untuk segmen komputer notebook.
    AMD (Advanced Micro Devices) sebagai pesaing intel mengeluarkan seri Sempron, Athlon64, Athlon X2, Phenom X4, Dan Phenom II X4 untuk segmen komputer dekstop. Untuk segmen server, AMD mengeluarkan seri Opteron dan untuk segmen notebook, AMD mengeluarkan seri Turion

   Untuk memenuhi kebutuhan aplikasi terbaru saat ini, Anda sebaiknya menggunakan prosessor tipe dual core. Prosessor dual core unggul dalam hal Multitasking sehingga anda bisa membuka lebih dari satu aplikasi dengan lancar. Selain prosessor dual core, Anda juga memilih prosessor jenis triple core, quad core, dan diatasnya. untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti bermain game GTA 5 dan mengedit video dengan Software Kelas Atas

2. Motherboard/Mainboard
    Motherboard adalah bagian utama dari sebuah komputer. Motherboard secara bahsa bermakna papan utama, karena board=papan dan mother=ibu. Disebut papan ibu. karena semua komponen lain dari organ penyusun komputer akan ditancapkan atau dikaitkan ke Motherboard.

      Pemilihan motherboard bergantung pada prosessor yang digunakan. Motherboard untuk prosessor intel tidak bisa digunakan untuk prosessor AMD, begitu pula sebaliknya. Ada beberapa jenis motherboard yang beredar. Berikut ini pembagian motherboard berdasarkan kelas penggunanya.

1). Motherboard untuk pengguna kelas ekonomis, biasanya telah memiliki VGA card, sound card, dan LAN card onboard. Bentuk motherboard nya kecil, menggunakan form factor Micro-ATX (244 mm x 244 mm) Harganya sekitar 400 ribu sampai dengan 1 juta
2). Motherboard untuk pengguna kelas menengah(mainstream), tetap menyertakan sound card dan LAN card onboard, tetapi umumnya tidak menyertakan VGA card onboard. Form factor motherboard yang digunakan adalah ATX ( 305 mm x 24 mm), Lebih besar dari pada Micro-ATX sehingga memiliki banyak slot ekspansi untuk VGA atau kartu ekspansi lainnya, Harganya sekitar 1 juta sampai dengan 2 juta.
3). Motherboard untuk pengguna kelas atas (high-end / enthusiast), tetap menyertakan sound card dan LAN card onboard, hanya saja lebih mumpuni. Malah ada juga produsen yang menyertakan sound card berupa kartu ekspansi satu paket didalam motherboard-nya. Selain itu, ada juga produsen yang menyertakan Wi-Fi LAN. Harga motherboarnya kelas ini diatas 2 juta 

3. VGA Card
    VGA Card merupakan kartu grafis yang mampu menghasilkan keluaran grafis yang memukau melalui layar monitor. VGA Card biasanya sudah tersedia secara onboard di motherboard, tetapi VGA card yang onboard walaupun harganya murah, kualitasnya jauh dibawah VGA card diskrit(terpisah)

4. Mouse
    Mouse merupakan koponen input yang sangat di perlukan jika menggunakan sistem operasi grafis. Mouse lebih banyak perkembangannya daripada keyboard. Mulai dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll dan saat ini mouse optik
5. Keyboard
    Keyboard merupakan alat input standar yang diperlukan dalam setiap PC. Komponen tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya konektornya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS/2, keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalh keyboard wireless (nirkabel)

6. Monitor
    Monitor merupakan piranti untuk menampilkan output dari komputer berupa gambar (visual) . ada dua jenis monitor yang umum di gunakan yaitu jenis CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (LiquidnCrystal Display) 

7. Modem
   Modem singkatan dari kata modulator dan demodulator, berguna untuk melakukan koneksi internet. Ada dua jenis modem, Modem internal dan modem eksternal. Modem internal berupa kartu ekspansi dengan interface PCI. jenis modem eksternal driver khusus yang harus diinstal kedalam sistem operasi supaya bisa digunakan. Modem eksternal terhubung ke PC melalui slot LAN. Modem eksternal biasanya tidak memerlukan driver khusus sehingga lebih praktis dan bisa digunakan pada semua jenis sistem operasi. Saat ini terdapat pula modem eksternal dengan tipe USB.
8. Casing dan Power Supply Unit(PSU)
    Casing dan power supply unit (PSU) merupakan 2 komponen penting dalam merakit PC, tapi kadang disepelekan. Banyak orang yang merakit PC menggunakan komponen yang bagus tetapi casing dan power supply seadanya.
  Power supply unit (SPU) juga merupakan salah satu komponen perakit PC yang kadang terlupakan. PSU adalh jantung PC kamu,  yang memasok daya listrik ke setiap komponen PC. Alangkah baiknya kamu menggunakan PSU sesuai dengan kebutuhan daya komponen PC. Jika PSU tidak sanggup memasok daya dengan stabil, kompoterbisa mengalai hang, Restart atau mati sendiri.

  Nah itulah tadi beberapa komponen PC. Sebenarnya masih adalagi. Dan semoga anda bisa mengerti apa itu komponen komponen pc. Terima kasih Telah berkunjung


Belum ada Komentar untuk "Komponen Komponen PC Beserta Dengan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel