adsteraa

Pengertian Dosa dan Macam Macam Dosa

Apa Itu Dosa?

   Dosa adalah setiap perbuatan yang meninggalkan perintah Allah swt, dan melakukan segala larangannya. 


Dosa di bagi menjadi dua golongan yaitu:
  • Dosa Kecil
  • Dosa Besar
  Dosa kecil adalah dosa yang tidak tergolong kategori dosa besar dalam islam seperti syirik,membunuh,mabuk,zina durhaka pada orang tua dan lain sebagainya.
 Dosa kecil tidak mendapatkan penekanan ancaman dari Allah swt baik di dunia maupun di akhirat, berbeda dengan dosa besar yang jelas Allas Swt mengancamnya dalam Al-quran bahkan disertai dengan hukuman yang amat berat.

  Dosa besar adalah setiap perbuatan dosa mendapat ancaman keras dan tegas dari Allah Swt, dan rasul-Nya seperti dengan ungkapan "melaknat" dan "murka"

  Al-Ghazali berpendapat bahwa dosa itu terdiri atas dosa besar dan kecil. Mengenai pembagian dosa besar dan kecil ini, sejumlah ulama bersilang pendapat. Di antara mereka ada yang berpendapat, dosa tidak ada yang besar dan kecil. Setiap perbuatan yang bertentangan dengan aturan Allah termasuk dosa besar. Namun menurut Al-Ghazali, pendapat terakhir itu lemah karena Allah Swt berfirman:

إِن تَجْتَنِبُوا كَبَائِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَنُدْخِلْكُم مُّدْخَلًا كَرِيمًا - 4:31

Artinya:
"Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, Niscaya kami hapus kesalahan-kesalahanmu dan akan kami masukan kamu ketempat yang mulia (Surga)" (QS. An-Nisa; 4:31)

Macam macam Dosa Kecil
  Beberapa contoh dosa kecil yang akan di bahas. Simak artikel nya:

  1. Berbicara Kotor Kepada Orang Lain
  2. Berzinah Mata
  3. Memegang kemaluan sendiri
  4. Onani(mengeluarkan Sperma dengan sengaja)
  5. Mencium yang bukan muhrim 
  6. Membayangkan orang lain sebagai teman sex
Nah itu tadi beberapa Dosa Kecil yang harus kita jauhi. Jadi anda jangan lakukan hal-hal yang seperti di atas tadii.

Macam macam Dosa Besar
  Beberapa contoh Dosa Besar yang akan kita bahas yaitu:

1.Syirik
      Syirik adalah perbuatan menyekutukan Allah Swt. dengan sesuatu selain Dia. Syirik merupakan dosa besar yang paling berat hukumannya. Pelakunya (disebut musyrik/musyrikin) tidak akan memperoleh ampunan dari Allah Swt, kecuali sebelum meninggal dunia dia sudah bertobat dengan sungguh-sungguh.

2.Bunuh Diri
       Allah melarang orang melakukan tindakan bunuh diri sebagaimana di sebutkan dalam firman Allah Swt. yang berbunyi
     "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil(tidak benar), kecuali dalam perdangan yang berlaku atas dasar suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu." (QS. An-Nisa;4:29

3. Durhaka Kepada Orang Tua
          Akibat buruk dari durhaka kepada orang tua akan terjadi pada orang tua dan anak yang durhaka. Orang tua akan memperoleh penderitaan, sedangkan anaknya akan mendapatkan murka Allah Swt, yaitu mendapat siksaan, baik didunia maupun di akhirat.
    Rasullah saw bersabda, "Rida Allah berada didalam rida kedua orang tua dan kemurkaan-Nya berada pada kemurkaan kedua orang tua." (HR. Tabrani Dan Ibnuh Amar)
   Kita sering kali membantah perintah orang tua dengan berbagai cara. Bahkan, Kita sering membaca berita, seorang anak tega membunuh orang tuanya karena permintaannya tidak di penuhi. Jangankan membunuh, berkata "ah" saja pada orang tua sangatlah dilarang.
   Di sebutkan dalam firman Allah Swt yang berbunyi:
"Dan tuhanmu telah memerintahkan agarkamu jangan menyembah selain Dian dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sesekali janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik." (QS.Al-Isra;17:23)

4. Zina
      Zina adalah hubungan kelamin(persetubuhan) laki-laki dengan perempuan diluar pernikahan yang sah. Perbuatan ini diharamkan dan termasuk dosa besar, Sesuai firman Allah Swt.


وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

"Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk." (QS.Al-Isra;17:32)



    Menurut hukum islam, pelaku zina yang belum menikah dihukum dengan 100 kali cambukan dan diasingkan selama setahun. Sedangkan pelaku zina yang sudah menikah dihukum rajam sampai mati.


5. Homoseksual (Gay dan Lesbian)
       Homoseks adalah pemuasan atau penyaluran nafsu seks sesama jenis, pria (gay) dan sesama wanita (lesbian)
Rasullah Saw bersabda;
"Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan Kaum Luth, Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan Kaum Luth. dan Allah melaknat orang yang melakukan perbuatan Kaum Luth," (HR. Ahmad)

6. Makan makanan yang haram dan meminum Khamar
      Makanan yang diharamkan karena zatnya telah dijelaskan secara rinci dalam Al-Quran Surah Al-Maidah ayat 3. Khamar adalah segala sesuatu yang memabukkan dan menghalangi akal sehat peminumnya dari menjalankan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya. Khamar mencakup segala hal yang memabukkan , Baik berupa cairan maupun zat padat yang dimakan, diminum, dihisap atau disuntikan kedalam tubuh. Contoh Khamar adalah minuman beralkohol, ganja, narkotika dan lain-lain.

Baca Juga:


 Nahh itu tadilah pembahasan tentang Pengertian Dosa. Macam Dosa Kecil Dan Besar. Dan bagi anda jangan lah lakukan perbuatan dosa maupun di sengaja ataupun tidak disengaja. dan jika anda belum paham tentang pembahasan tadi , anda bisa berkomentar di kolom komentar. dengan cepat saya akan membalasnya. 



Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dosa dan Macam Macam Dosa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel